Komputerisasi File Data Akuntansi Desa
Pengembangan aplikasi dengan berbasis komputerisasi sistem desa telah dipersiapkan sejak awal dalam rangka mengantisipasi penerapan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa Persiapan ini selaras dengan adanya perhatian yang lebih dan Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat RI maupun Komisi Pemberantasan Korupsi Launching aplikasi yang telah dilaksanakan pada tanggal 13 Juli 2015 merupakan jawaban atas pertanyaan pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi XI tanggal 30 Maret 2015, yang menanyakan kepastian waktu penyelesaian aplikasi yang dibangun oleh BPKP, serta memenuhi rekomendasi KPK-Ri untuk menyusun sistem keuangan desa bersama dengan Kementerian Dalam Negeri.
1. Instalasi SISKEUDES
Aplikasi SISKEUDES berjalan pada Operating System Windows dan dapat digunakan pada Windows XP, Windows 7 dan Windows 8 sedangkan sistem operasi komputer selain Windows tidak dapat digunakan untuk implementasi SISKEUDES Kebutuhan perangkat keras komputer untuk aplikasi SISKEUDES minimal Intel Celeron 1,5Ghz dengan memon RAM 1 Gb dan ruang hardisk kosong yang tersisa minimum 10Gb/Persyaratan ini adalah persyaratan minimum dan bila disediakan spesifikasi melebihi standar lebih disarankan. Sehubungan dengan adanya kalkulasi perhitungan pada periode tertentu dan parameter yang berhubungan dengan tanggal komputer, setting konfigurasi kalender pada Control Panel Windows harus menggunakan dengan format tanggal menurut format yang berlaku di Indonesia yaitu "dd/mm/yyyy Format kalender komputer yang tidak sesuai menyebabkan error pada saat preview laporan dan perhitungan tidak akurat.
Aplikasi SISKEUDES ini menggunakan database Microsoft Access sehingga lebih portable dan mudah diterapkan oleh pengguna aplikasi yang awam sekalipun. Secara teknis transaksi keuangan desa termasuk dalam kelompok skala kecil, sehingga lebih tepat ditangani secara mudah dengan database access ini. Penggunaan aplikasi dengan menggunakan database SQLServer hanya dikhususkan untuk tujuan tertentu atau volume transaksi sudah masuk dalam kategon skala menengah. Dalam interface koneksi data tersedia 2 pilihan opsi koneksi, via ODBC (Open Database Connectivity) atau Direct Access Dengan koneksi via ODBC, aplikasi keuangan desa melakukan pembacaan data tidak secara langsung ke Driver MsAcces akan tetapi menggunakan mesin ODBC pada sistem operasi windows. Sedangkan Direct Access pembacaan file langsung dilakukan pada file database yang bersangkutan. Penggunaan opsi koneksi ODBC mengharuskan sistem komputer terinstall Microsoft Jet OLE DB 4.0 pada Microsoft Office 2000-2003. Sehingga untuk komputer yang tidak terinstall Microsoft Office 2003 tidak dapat menggunakan fitur ini.
Apabila ingin tetap menggunakan fitur ini adalah dengan cara menambahkan aplikasi Microsoft Office Access 2003 atau menambahkan access database engine. Secara teknis penggunaan opsi via ODBC lebih disarankan dan lebih menjamin keamanan data dari kerusakan (corrupt) dan dapat digunakan pada mode multiuser dengan cara melakukan sharing folder database "Data APB Desa2016.mde". Penggunaan opsi Direct Access membuat aplikasi langsung melakukan pembacaan file pada database keuangan desa. Opsi ini digunakan apabila dalam komputer tidak tersedia Microsoft Jet OLE DB 4.0 untuk "*.mdb" pada komputer yang hanya terinstall Microsoft Office 2007, 2010 atau 2013. Penggunaan opsi ini tidak disarankan karena pada kondisi tertentu, seperti komputer lambat, low memory atau komputer terinfeksi virus dapat membuat database rusak atau corrupts. Penggunaan opsi ini hanya untuk single user atau dengan kata lain hanya untuk komputer PC atau Laptop secara stand alone (tidak menggunakan jaringan). Penggunaan aplikasi dengan mode OCBC lebih disarankan bila dibandingkan dengan mode Direct Access demi keamanan data. Untuk komputer yang sudah terlanjut terpasang Microsoft Office 2007 s.d 2013 agar menambahkan Microsoft Office Access 2003 sehingga dapat menggunakan fitur ODBC.
Untuk langkah menginstal aplikasi SISKEUDES pada komputer berikut langkahnya:
a. Buka file masternya.
b. Kemudian klik file masternya tersebut dan akan muncul.
c. Kemudian lakukan database yang akan dihubungankan kemudian tekan tombol tes.
d. Klik Ok dan pilih simpan nanti akan muncul tampilan awal pada layar komputer.
Tugas Mandiri
Kerjakan tugas berikut!
Lakukan perbandingan dalam membuat file data baru akuntansi desa menggunakan program SISKEUDES dan aplikasi lainya yang Anda ketahui. Hasilnya dibuat dalam bentuk screenshoot dan dikumpulkan pada guru untuk diberi penilaian.
2. Membuat File Data Akuntansi Desa
File data identik dengan file yang digunakan pada SISKEUDES guna menyimpan seluruh data yang dientry ke komputer. Dalam menu awal SISKEUDES terdapat menu untuk memasukkan data desa untuk identitas seperti Renstra desa, RPJMDesa dan RKPDesa, data umum desa, menu kegiatan.
Untuk membuat file data akuntansi desa maka berikut langkahnya:
a. Renstra desa
Menu renstra desa digunakan untuk memasukkan visi, misi, dan tujuan serta sasaran pemerintahan desa yang telah dibahas pada RPKMDesa. Untuk melakukan renstra desa maka berikut langkah-langkahnya.
1) Pilih pada menu Data Entri.
2) Pilih menu Renstra dan RPJMDesa,
3) Tentukan desa yang akan diisi renstra desanya, misalkan desa Baringin.
4) Klik tombol Renstra Desa sehingga tampak form berikut.
6) Akhiri dengan tombol simpan untuk menyimpan data dalam database.
7) Pindah ke Tab Misi untuk memulai pengisian misi.
8) Klik tombol untuk memulai pengentrian data misi pemerintah desa,
9) Isikan kode urutan misi dua digit angka dengan format "00", lengkapi uraian misi dan akhir dengan tombol simpan. Isikan misi dengan data sebagai berikut:
- a) Meningkatkan sumber sumber pendanaan pemerintahan dan pembangunan serta perekonomian desa.
- b) Menciptakan pemerintahan yang baik (good government) berdasarkan demokra tisasi, transparansi yang efisien, efektif, dan bersih,
- c) Meningkatkan sarana dan prasarana fisik (infrastruktur) serta pelayanan kesejah teraan sosial masyarakat di bidang pendidikan, kesehatan, kebudayaan, keagamaan, dan olah raga.
- d) Menentukan kebijakan yang akan mendorong perkembangan dunia pendidikan dan mewujudkan pembangunan moral spiritual melalul bidang agama dan budaya.
- e) Menciptakan rasa aman dan tenteram dalam suasana kehidupan masyarakat desa yang demokrasi dan agamis.
10) Pindah ke tab Tujuan, sehingga tampak form isian tujuan sebagai berikut.
12) Isikan kode urutan tujuan dua digit angka dengan format "00", lengkapi uraian tujuan dan akhir dengan tombol simpan.
13) Pindah ke tab Sasaran sehingga tampak isian form sasaran sebagai berikut.
14) Klik tombal tambah untuk memutal pengentrian data sasaran.
15) Lengkapi nomor urut sasaran 2 digit dengan format "00", uraian sasaran dan akhiri dengan tombol simpan.
16) Ulangi proses input kembali dan Misi yang kedua dan seterusnya. Pindah ke tab Misi dan ulangi kembali mulai langkah 6 sd 14.
b. RPJM Desa dan RKP Desa
UU No.6 Tahun 2014 Tentang Desa Pasal 79 bahwa RPJM-Desa adalah Rencana Jangka Menengah Desa untuk jangka waktu enam tahun. Sedangkan RKP-Desa adalah Rencana Pembangunan Tahunan Desa yang kemudian disebut dengan Rencana Kerja Pemerintah Desa untuk jangka waktu satu tahun. Baik RPJM-Desa maupun RKP-Desa, keduanya ditetapkan dengan Peraturan Desa Peraturan Desa tentang RPJM-Desa & RKP-Desa merupakan satu-satunya dokumen perencanaan di desa yang kemudian menjadi dasar pedoman dalam penyusunan APB-Desa, Untuk RPJM-Desa ditetapkan maksimal 3 bulan setelah kepala desa dilantik Sedangkan RKP-Desa disusun oleh pemerintah desa mulai bulan Juli ditetapkan maksimal akhir bulan September tahun berjalan. Untuk dapat memasukkan data RPJM Desa dan RKP Desa lakukan langkah-langkah berikut.
1) Klik tombol pilih desa terlebih dahulu
2) Tentukan desa yang akan diisi renstra desanya.
3) Klik tombol RPJM Desa sehingga tampak form berikut:
4) Pengisian data RPJMDes dimulai dengan pengisian data Bidang, Kegiatan, dan Indikatif untuk masing-masing kegiatan per tahun.
5) Klik tombol tambah untuk memulai pengisian data Bidang.
6) Klik tombol yang dilingkari berikut ini untuk memilih bidang kewenangan yang dilaksanakan sesuai RPJMDes sehingga tampak form pilihan sebagai berikut:
7) Pilih data bidang kewenangan dari daftar pilihan dengan cara menyorot biru pada tabel pilihan yang tersedia dan klik tombol pilih.
8) Klik tombol simpan untuk menyimpan data yang sudah dipilih.
9) Pindahkan tab data pada level Kegiatan sehingga tampak form isian;
10) Klik tombol tambah untuk memulai pengisian data kegiatan RPJMDes.
11) Lengkapi data lokasi, keluaran, sasaran dan manfaat, tahun pelaksanaan kegiatan, dancara pelaksanaan.
12) Akhir dengan tombol simpan sehingga data tersimpan di database.
13) Pindahkan tab data pada posisi Dana Indikatif sehingga tampak form isian jumlah dana indikatif tahun ke-1 s.d tahun ke-6 sebagai berikut.
14) Klik tombol tambah untuk memulal pengisian data rencana kegiatan desa.
15) Lengkapi data lokasi, volume, pelaksana, praldraan biaya, sumber dana, waktu pelaksanaan, kemudian akhiri dengan tombol
16) Ulangi langkah pengisian hingga tahun ke-6 dengan mengklik tombol tambah pada menu SISKEUDES.
Tugas Kelompok
Kerjakan tugas berikut!
Bersama teman satu kelompok Anda, carilah artikel tentang struktur oranisasi desa dan tahap kegiatan akuntansi desa secara lengkap. Identifikasilah komponen-komponen yang terdapat pada sistem akuntansi desa tersebut. Hasilnya dipresentasikan di depan kelas dan mintalah tanggapan dari kelompok lain Kerjakan di Kertas HVS!
c. Data umum desa
Dalam Menu Data Umum Desa berfungsi untuk melakukan penginputan data pemerintah desa seperti nama dan uraian jabatan kepala desa, nama dan uraian jabatan sekretaris desa, nama dan uraian jabatan kepala urusan keuangan, nama dan uraian jabatan bendahara desa, dan status APB Desa.
Untuk melakukan pengisian data umum tentang desa maka berikut langah-langkahnya:
1) Pilih dari menu Data Entry
2) Klik Penganggaran.
3) Isian Data Anggaran.
4) Pilih Desa, Kecamatan, Desa.
5) Pilih Data Umum Desa, sehingga tampak form berikut ini.
6) Klik pada tombol tambah untuk memulai pengisian data baru, atau tekan tombol ubah bila sudah ada data sebelumnya.
7) Lengkapi data umum desa, mulai dari nama kepala desa, sekretaris desa, dan seterusnya.
Berikut contoh data untuk melengkapi formulir di aplikasi SISKEUDES.
8) Akhiri dengan tombol simpan untuk menyimpan perubahan data.
Tugas Mandiri
Kerjakan tugas berikut!
Anda telah mempelajari bagaimana cara menggunakan aplikasi SISKEUDES dalam pembuatan laporan keuangan desa. Tuliskan langkah-langkah penggunaan aplikasi SISKEUDES pada transaksi transaksi berikut ini. Kemudian kumpulkan hasilnya kepada guru Anda!
Latihan
Jelaskan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!
Jelaskan spesifikasi komputer agar dapat menggunakan aplikasi SISKEUDES!
Terangkan yang dimaskud Renstra Desa dalam aplikasi SISKEUDES!
Apa yang dimakud dengan RPJM Desa?
Sebutkan langkah-langkah mengisi Renstra Desa pada aplikasi SISKEUDES!
Mengapa perlu mengisi data umum desa pada aplikasi SISKEUDES?
0 komentar:
Posting Komentar