Merdeka Mengajar, Merdeka Belajar, Merdeka Pendidikkan Indonesia

Recent Posts

Senin, 21 September 2020

Menganalisis Keterampilan Gerak Aktivitas Spesifik Senam Lantai

 Bab VI 

Menganalisis Keterampilan Gerak Aktivitas Spesifik Senam Lantai

 



 

Senam merupakan salah satu aktivitas jasmani yang menyenangkan. Setiap gerak kehidupan kita senantiasa berhubungan dengan gerakan senam. Apabila kita melakukan senam ketangkasan, tubuh kita akan terasa lebih kuat dan terampil. Semakin banyak kita melakukan senam ketangkasan seperti lompat kangkang dan jongkok akan membuat kita lebih percaya diri dan berani menghadapi tantangan. Cobalah lakukan senam ketangkasan yang menggunakan peti lompat. Aktivitas senam menggunakan peti lompat sangat memungkinkan akan memberikan landasan pembentukan dan pengembangan karakter keberanian, kepercayaan diri, dan ketangkasan. Siswa akan merasa senang dan bangga pada diri sendiri jika berhasil melakukan gerakan loncat pada peti lompat, sehingga akan menumbuhkan rasa percaya diri pada kemampuan diri sendiri.

A. Analisis Keterampilan Gerak Loncat Kangkang

1. Analisa Loncat Kangkang Loncat kangkang adalah jenis loncatan yang dilakukan menggunakan peti lompat dengan posisi badan agar sedikit condong ke depan dan membuka kedua kakinya (kangkang) pada saat melewati peti lompat.

2. Analisa Gerak Loncat Kangkang

a. Analisis Loncat Kangkang Tumpuan Pangkal Peti Lompat Cobalah lakukan dan analisis keterampilan gerak loncat kangkang tumpuan pangkal peti lompat melalui tahapan gerakan sebagai berikut:

1) Berdiri dengan jarak tertentu dari peti lompat

2) Awalan dengan lari cepat

3) Tolakan kedua kaki rapat

4) Gapai bagian pangkal peti lompat dengan kedua lengan lurus atau sedikit siku sedikit ditekuk

5) Tahanlah gerak bahu untuk melaju ke depan

6) Badan keadaan lurus atau sedikit melengkung

7) Saat terjadi dorongan ke atas kaki, tungkai dibuka lebar-lebar hingga melewati peti lompat

8) Kedua kaki dirapatkan kembali sebelum penurunan

9) Pendaratan dilakukan dengan urutan ujung kaki, lalu seluruh kaki, lutut ditekuk panggul dibungkukkan, dan berdiri tegak

10)Pandangan ke depan untuk menjaga keseimbangan

11)Perhatikan gambar 6.1

 

Gambar 6.1 Tahapan gerak loncat kangkang

Tumpuan Pangkal Peti Lompat Perhatikanlah kesalahan-kesalahan dalam keterampilan gerak loncat kangkang tumpuan pangkal peti lompat, yaitu: awalan lari kurang cepat, tolakan kedua kaki tidak bersamaan, peti lompat tidak tercapai dengan baik, tumpuan tidak pada pangkal peti lompat, tahanan tangan di peti lompat kurang kuat, kedua tungkai kurang dibuka sehingga menyentuh peti, pendaratan kedua kaki kurang bersamaan dan tidak berurutan, dan pandangan tidak ke depan.


b. Analisis Loncat Kangkang Tumpuan Ujung Peti Lompat

Cobalah kalian lakukan dan analisis keterampilan gerak loncat kangkang ujung peti lompat melalui tahapan gerakan sebagai berikut:

1) Berdiri dengan jarak tertentu dari peti lompat

2) Awalan dengan lari cepat

3) Tolakan kedua kaki rapat.

4) Gapai bagian ujung peti lompat dengan kedua lengan lurus atau sedikit siku sedikit ditekuk.

5) Tahanlah gerak bahu untuk melaju ke depan.

6) Badan keadaan lurus atau sedikit melengkung.

7) Saat terjadi dorongan ke atas kaki, tungkai dibuka lebar-lebar hingga melewati peti lompat.

8) Kedua kaki dirapatkan kembali sebelum penurunan.

9) Pendaratan dilakukan dengan urutan ujung kaki, lalu seluruh kaki, lutut ditekuk panggul dibungkukkan, dan berdiri tegak.

10) Pandangan ke depan untuk menjaga keseimbangan.

11) Perhatikan gambar 6.2

 

Gambar 6.2 Tahapan gerak loncat kangkang

Perhatikanlah kesalahan-kesalahan dalam keterampilan gerak loncat kangkang tumpuan ujung peti lompat, yaitu: awalan lari kurang cepat, tolakan kedua kaki tidak bersamaan, peti lompat tidak tercapai dengan baik, tumpuan tidak pada ujung peti lompat, tahanan tangan di peti lompat kurang kuat, kedua tungkai kurang dibuka sehingga menyentuh peti, pendaratan kedua kaki kurang bersamaan dan tidak berurutan, dan pandangan tidak ke depan.


3. Aktivitas Pembelajaran Gerak Loncat Kangkang

Coba kalian lakukan aktivitas belajar di bawah ini untuk belajar gerak loncat kangkang:

a. Aktivitas pembelajaran Meloncati Kardus

1) Buat kelompok 5-6 orang

2) Masing-masing kelompok mendapatkan empat buah kardus bekas

3) Secara bergantian/urutan loncati sebuah kardus dengan kaki mengangkang

4) Secara bergantian/urutan loncati dua buah kardus dengan kaki mengangkang

5) Secara bergantian/urutan loncati tiga kardus dengan kaki mengangkang

6) Secara bergantian/urutan loncati empat kardus dengan kaki mengangkang

7) Saat melewati kardus tangan jangan menyentuh kardus

8) Saat mendarat usahakan dengan kedua kaki yang mengeper

9) Lakukan aktivitas tersebut terus-menerus secara bergantian/urutan sampai batas waktu yang ditentukan guru

10) Perhatikan gambar 6.3.


Gambar 6.3 Aktivitas Belajar Meloncati Kardus

b. Aktivitas pembelajaran Meloncati Teman

1) Buat kelompok 5-6 orang.

2) Berbarislah dengan jarak antara 1-2 meter dan menghadap arah yang sama.

3) Semua siswa membungkuk kecuali siswa yang paling belakang.

4) Siswa yang paling belakang meloncati secara kangkang satu persatu siswa yang membungkuk di depannya.

5) Setelah semua siswa terlewati di bagian paling depan siswa tersebut membungkuk.

6) Kemudian siswa yang ada paling belakang meloncati kembali secara kangkang satu persatu siswa yang membungkuk di depannya.

7) Saat melewati punggung teman tekanan tangan jangan terlalu keras.

8) Saat mendarat usahakan dengan kedua kaki yang mengeper.

9) Lakukan aktivitas tersebut terus-menerus secara bergantian sampai semua siswa dapat melakukan.

10) Perhatikan gambar 6.4.


Gambar 6.4 Aktivitas belajar meloncati teman

 

 c. Aktivitas pembelajaran Meloncati Peti Lompat Bertahap

1) Buat kelompok 5-6 orang.

2) Siapkan tiga buah peti lompat yang tingginya bertahap.

3) Lakukan meloncati secara kangkang peti lompat yang pendek.

4) Lakukan meloncati secara kangkang peti lompat yang sedang.

5) Lakukan meloncati secara kangkang peti lompat yang tinggi.

6) Saat melewati peti lompat, kedua tangan dapat menumpu di pangkal atau di ujung peti lompat.

7) Saat mendarat usahakan dengan kedua kaki yang mengeper.

8) Lakukan aktivitas tersebut terus-menerus secara bergantian sampai batas waktu yang ditentukan

9) Perhatikan gambar 6.5.

Gambar 6.5 Aktivitas pembelajaran meloncati peti lompat bertahap

4. Ringkasan

Loncat kangkang merupakan loncatan yang dilakukan menggunakan peti lompat dengan posisi badan membuka kedua kakinya (kangkang) pada saat melewati peti lompat. Loncat kangkang dapat dilakukan pada tumpuan pangkal dan ujung peti lompat. Agar dapat melakukan loncat kangkang kalian dapat melakukan aktivitas belajar meloncati susunan kardus, meloncati teman yang membungkuk, dan meloncati peti lompat dengan ketinggian secara bertahap.

5. Penilaian

a. Pengetahuan Pengetahuan siswa akan dinilai melalui tes tertulis maupun penugasan tentang hasil kerja kajian konsep dan prinsip senam ketangkasan yang berhubungan dengan kesehatan yang meliputi kekuatan otot dan kelenturan.

b. Sikap Sikap siswa selama mengikuti aktivitas senam ketangkasan akan dinilai melalui observasi sikap/perilaku siswa yang meliputi sportivitas, tanggungjawab, toleransi, disiplin, dan kerjasama yang dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik.

c. Keterampilan Keterampilan siswa akan dinilai melalui unjuk kerja senam ketangkasan yang berhubungan dengan kesehatan melalui tes yang meliputi tes loncat kangkang.


Sumber : Buku PJOK Kelas XI Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI 2017

4 komentar:

  1. Nama: Rani Putri
    Kelas : XI Ak2
    Bagi saya materi di atas cukup mudah untuk dipahami dan dimengerti. Terimakasih

    BalasHapus
  2. Menurut saya materi di atas bisa untuk di pahami

    BalasHapus
  3. Nama:Desta lismawati
    Kelas :Xl ak 2

    Menurut saya penjelasan di atas tentang menganalisis keterampilan grak aktivitas spesisifik senam lantai,sangat jelas dan sangat membantu kita untuk melakaukan gerak,dan juga kita bisa tahu langkah²dan cara bagai mana melakukan gerakan senam dengan baik.

    BalasHapus
  4. Nama:Dinda Septiani
    Kls: XI akuntansi 2
    Menurut pendapat saya materi yang di atas tentang menganalisis keterampilan gerak aktif sangatlah bagus dan dapat membantu stamina tubuh kita menjadi lebih baik sehat dan rohani, terimakasih.

    BalasHapus