Bab VI
Menganalisis Keterampilan Gerak Aktivitas Spesifik Senam Lantai
Senam merupakan salah satu
aktivitas jasmani yang menyenangkan. Setiap gerak kehidupan kita senantiasa
berhubungan dengan gerakan senam. Apabila kita melakukan senam ketangkasan,
tubuh kita akan terasa lebih kuat dan terampil. Semakin banyak kita melakukan
senam ketangkasan seperti lompat kangkang dan jongkok akan membuat kita lebih
percaya diri dan berani menghadapi tantangan. Cobalah lakukan senam ketangkasan
yang menggunakan peti lompat. Aktivitas senam menggunakan peti lompat sangat
memungkinkan akan memberikan landasan pembentukan dan pengembangan karakter
keberanian, kepercayaan diri, dan ketangkasan. Siswa akan merasa senang dan
bangga pada diri sendiri jika berhasil melakukan gerakan loncat pada peti
lompat, sehingga akan menumbuhkan rasa percaya diri pada kemampuan diri
sendiri.
A. Analisis Keterampilan
Gerak Loncat Kangkang
1. Analisa Loncat Kangkang
Loncat kangkang adalah jenis loncatan yang dilakukan menggunakan peti lompat
dengan posisi badan agar sedikit condong ke depan dan membuka kedua kakinya
(kangkang) pada saat melewati peti lompat.
2. Analisa Gerak Loncat
Kangkang
a. Analisis Loncat Kangkang
Tumpuan Pangkal Peti Lompat Cobalah lakukan dan analisis keterampilan gerak
loncat kangkang tumpuan pangkal peti lompat melalui tahapan gerakan sebagai
berikut:
1) Berdiri dengan jarak
tertentu dari peti lompat
2) Awalan dengan lari cepat
3) Tolakan kedua kaki rapat
4) Gapai bagian pangkal peti
lompat dengan kedua lengan lurus atau sedikit siku sedikit ditekuk
5) Tahanlah gerak bahu untuk
melaju ke depan
6) Badan keadaan lurus atau
sedikit melengkung
7) Saat terjadi dorongan ke
atas kaki, tungkai dibuka lebar-lebar hingga melewati peti lompat
8) Kedua kaki dirapatkan
kembali sebelum penurunan
9) Pendaratan dilakukan
dengan urutan ujung kaki, lalu seluruh kaki, lutut ditekuk panggul
dibungkukkan, dan berdiri tegak
10)Pandangan ke depan untuk
menjaga keseimbangan
11)Perhatikan gambar 6.1
Tumpuan Pangkal Peti Lompat
Perhatikanlah kesalahan-kesalahan dalam keterampilan gerak loncat kangkang
tumpuan pangkal peti lompat, yaitu: awalan lari kurang cepat, tolakan kedua
kaki tidak bersamaan, peti lompat tidak tercapai dengan baik, tumpuan tidak
pada pangkal peti lompat, tahanan tangan di peti lompat kurang kuat, kedua
tungkai kurang dibuka sehingga menyentuh peti, pendaratan kedua kaki kurang
bersamaan dan tidak berurutan, dan pandangan tidak ke depan.
b. Analisis Loncat Kangkang
Tumpuan Ujung Peti Lompat
Cobalah kalian lakukan dan
analisis keterampilan gerak loncat kangkang ujung peti lompat melalui tahapan
gerakan sebagai berikut:
1) Berdiri dengan jarak
tertentu dari peti lompat
2) Awalan dengan lari cepat
3) Tolakan kedua kaki rapat.
4) Gapai bagian ujung peti
lompat dengan kedua lengan lurus atau sedikit siku sedikit ditekuk.
5) Tahanlah gerak bahu untuk
melaju ke depan.
6) Badan keadaan lurus atau
sedikit melengkung.
7) Saat terjadi dorongan ke
atas kaki, tungkai dibuka lebar-lebar hingga melewati peti lompat.
8) Kedua kaki dirapatkan
kembali sebelum penurunan.
9) Pendaratan dilakukan
dengan urutan ujung kaki, lalu seluruh kaki, lutut ditekuk panggul
dibungkukkan, dan berdiri tegak.
10) Pandangan ke depan untuk
menjaga keseimbangan.
11) Perhatikan gambar 6.2
Perhatikanlah
kesalahan-kesalahan dalam keterampilan gerak loncat kangkang tumpuan ujung peti
lompat, yaitu: awalan lari kurang cepat, tolakan kedua kaki tidak bersamaan,
peti lompat tidak tercapai dengan baik, tumpuan tidak pada ujung peti lompat,
tahanan tangan di peti lompat kurang kuat, kedua tungkai kurang dibuka sehingga
menyentuh peti, pendaratan kedua kaki kurang bersamaan dan tidak berurutan, dan
pandangan tidak ke depan.
3. Aktivitas Pembelajaran
Gerak Loncat Kangkang
Coba kalian lakukan
aktivitas belajar di bawah ini untuk belajar gerak loncat kangkang:
a. Aktivitas pembelajaran
Meloncati Kardus
1) Buat kelompok 5-6 orang
2) Masing-masing kelompok
mendapatkan empat buah kardus bekas
3) Secara bergantian/urutan
loncati sebuah kardus dengan kaki mengangkang
4) Secara bergantian/urutan
loncati dua buah kardus dengan kaki mengangkang
5) Secara bergantian/urutan
loncati tiga kardus dengan kaki mengangkang
6) Secara bergantian/urutan
loncati empat kardus dengan kaki mengangkang
7) Saat melewati kardus
tangan jangan menyentuh kardus
8) Saat mendarat usahakan
dengan kedua kaki yang mengeper
9) Lakukan aktivitas
tersebut terus-menerus secara bergantian/urutan sampai batas waktu yang
ditentukan guru
10) Perhatikan gambar 6.3.
b. Aktivitas pembelajaran
Meloncati Teman
1) Buat kelompok 5-6 orang.
2) Berbarislah dengan jarak
antara 1-2 meter dan menghadap arah yang sama.
3) Semua siswa membungkuk
kecuali siswa yang paling belakang.
4) Siswa yang paling
belakang meloncati secara kangkang satu persatu siswa yang membungkuk di
depannya.
5) Setelah semua siswa
terlewati di bagian paling depan siswa tersebut membungkuk.
6) Kemudian siswa yang ada paling belakang meloncati kembali secara kangkang satu persatu siswa yang membungkuk di depannya.
7) Saat melewati punggung
teman tekanan tangan jangan terlalu keras.
8) Saat mendarat usahakan
dengan kedua kaki yang mengeper.
9) Lakukan aktivitas
tersebut terus-menerus secara bergantian sampai semua siswa dapat melakukan.
10) Perhatikan gambar 6.4.
1) Buat kelompok 5-6 orang.
2) Siapkan tiga buah peti
lompat yang tingginya bertahap.
3) Lakukan meloncati secara
kangkang peti lompat yang pendek.
4) Lakukan meloncati secara
kangkang peti lompat yang sedang.
5) Lakukan meloncati secara
kangkang peti lompat yang tinggi.
6) Saat melewati peti
lompat, kedua tangan dapat menumpu di pangkal atau di ujung peti lompat.
7) Saat mendarat usahakan
dengan kedua kaki yang mengeper.
8) Lakukan aktivitas
tersebut terus-menerus secara bergantian sampai batas waktu yang ditentukan
9) Perhatikan gambar 6.5.
Gambar 6.5 Aktivitas pembelajaran
meloncati peti lompat bertahap
4. Ringkasan
Loncat kangkang merupakan
loncatan yang dilakukan menggunakan peti lompat dengan posisi badan membuka
kedua kakinya (kangkang) pada saat melewati peti lompat. Loncat kangkang dapat
dilakukan pada tumpuan pangkal dan ujung peti lompat. Agar dapat melakukan
loncat kangkang kalian dapat melakukan aktivitas belajar meloncati susunan
kardus, meloncati teman yang membungkuk, dan meloncati peti lompat dengan ketinggian
secara bertahap.
5. Penilaian
a. Pengetahuan Pengetahuan
siswa akan dinilai melalui tes tertulis maupun penugasan tentang hasil kerja
kajian konsep dan prinsip senam ketangkasan yang berhubungan dengan kesehatan
yang meliputi kekuatan otot dan kelenturan.
b. Sikap Sikap siswa selama
mengikuti aktivitas senam ketangkasan akan dinilai melalui observasi
sikap/perilaku siswa yang meliputi sportivitas, tanggungjawab, toleransi,
disiplin, dan kerjasama yang dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam
mengembangkan karakter peserta didik.
c. Keterampilan Keterampilan
siswa akan dinilai melalui unjuk kerja senam ketangkasan yang berhubungan
dengan kesehatan melalui tes yang meliputi tes loncat kangkang.
Sumber : Buku PJOK Kelas XI Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI 2017
Nama: Rani Putri
BalasHapusKelas : XI Ak2
Bagi saya materi di atas cukup mudah untuk dipahami dan dimengerti. Terimakasih
Menurut saya materi di atas bisa untuk di pahami
BalasHapusNama:Desta lismawati
BalasHapusKelas :Xl ak 2
Menurut saya penjelasan di atas tentang menganalisis keterampilan grak aktivitas spesisifik senam lantai,sangat jelas dan sangat membantu kita untuk melakaukan gerak,dan juga kita bisa tahu langkah²dan cara bagai mana melakukan gerakan senam dengan baik.
Nama:Dinda Septiani
BalasHapusKls: XI akuntansi 2
Menurut pendapat saya materi yang di atas tentang menganalisis keterampilan gerak aktif sangatlah bagus dan dapat membantu stamina tubuh kita menjadi lebih baik sehat dan rohani, terimakasih.